Senin, 12 Oktober 2015

SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER



Sejarah Perkembangan Komputer 

Disini kita akan mempelajari  tentang sejarah perkembangan komputer dari awal sampai akhir mulai dari generasi pertama sampai generasi kelima. Diera modern seperti sekarang siapa yang tidak tau komputer..?? sekarang hampir semua orang mengenal dunia komputer, bukan hanya orang dewasa bahkan anak-anak pun juga sudah mengenal dunia komputer. Difinisi komputer itu dari istilah kompter (computer) diambil dari bahasa latin computare yang berarti menghitung (to compute). Kata computer semula digunakan untuk menggambarkan orang yang pekerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan alat bantu. Jadi dalam arti luas, computer adalah sistem pengelola informasi.
Sejarah komputer sudah dimulai sejak zaman dahulu kala saat proses pengolahan data telah dilakukan oleh manusia. Perkembangan dunia komputer dari waktu ke waktu semakin tak terbendung lagi, namun dibalik semua itu apakah adna tau awal mula atau sejarah lahirnya komputer..?? mari kita simak ulasan dibawah ini :

Komputer generasi pertama

Komputer Generasi Pertama

Komputer Generasi pertama dikarakteristik dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode biner yang berbeda yang disebut “bahasa mesin” (machine language). Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya.
Pada komputer generasi pertama mempunyai ciri khas yaitu dengan mengunakan tabung hampa udara sebagai penguat sinyal dan silinder magnetik untuk penyimpanan data. Pada awalnya, tabung hampa udara (vacum-tube) digunakan sebagai komponen penguat sinyal. Bahan bakunya terdiri dari kaca, sehingga banyak memiliki kelemahan, seperti mudah pecah, dan mudah menyalurkan panas. Panas ini perlu dinetralisir oleh komponen lain yang berfungsi sebagai pendingin. Dan dengan adanya komponen tambahan, akhirnya komputer yang ada semakin besar, berat, dan mahal.
Pada tahun 1946, komputer elektronik didunia pertama yakni Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC), yang dibuat oleh kerjasama antara pemerintah Amerika Serikat dan University of Pennsylvania. Terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder, komputer tersebut merupakan mesin yang sangat besar yang mempunyai bobot seberat 30 ton, panjang 30 M dan tinggi 2.4 M yang mengonsumsi daya sebesar 160kW. Begitu besar ukurannya, sehingga memerlukan suatu ruangan tersendiri. 

Komputer generasi kedua
Komputer Generasi Kedua

Sejarah perkembangan komputer generasi kedua lahir pada tahun 1960-an, penemuan transistor yang sanggat mempenggaruhi perkembangan komputer pada saat itu. Transistor merupakan ciri khas komputer generasi kedua. Bahan bakunya terdiri atas tiga lapis, yaitu : basic, collector, dan emmiter. Transistor merupakan singkatan dari Transfer Resistor, yang berarti dengan mempengaruhi  daya tahan antara dua dari tiga lapisan, maka daya (Resistor) yang ada pada lapisan berikutnya dapat pula dipengaruhi. Fungsi dari transistor adalah sebagai penguat sinyal.
Pada generasi ini juga mulai ditemukan bahsa pemrograman tingkat tinggi (high level language) seperti: COBOL, FORTAN. Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat, dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia.
Pada tahun 1960-an, IBM memperkenalkan komputer komputer komersial yang memanfaatkan transistor dan digunakan secara luas dan mulai beredar dipasaran. Komputer IBM-7090 buatan Amerika Serikat merupakaan salah satu komputer komersial yang memanfaatkan transistor. Komputer generasi kedua lainnya adalah : IBM Serie 1400, NCR Serie 304, MARK IV, dan Honeywell Model 800.

Komputer generasi ketiga
Komputer Generasi Ketiga
Komputer generasi ketiga muncul sejak era 1965-1971-an. Pada komputer generasi ketiga konsepnya semakin kecil dan semakin murah dari transistor, akhirnya memacu orang utuk terus melakukan penelitian. Ribuan transistor akhirnya berhasil digabung dalam satu bentuk yang sangat kecil. Secuil silicium yang mempunyai ukuran beberapa milimeter berhasil diciptakan, dan inilah yang disebut sebagai Integrated Circuit atau IC-Chip yang merupakan ciri khas dari komputer generasi ketiga. IBM S-360 merupakan komputer pertama yang menggunakan IC dan perkenalkan pada tahun 1964. 

Komputer generasi keempat
Komputer Generasi Keempat
Microprocessor merupakan ciri khas komputer generasi keempat yang merupakan pemadatan ribuan IC kedalam sebuah Chip. Keunggulannya adalah bentuk yang semakin kecil dan kemampuan yang semakin meningkat serta harga yang ditawarkan juga semakin murah. Microprocessor merupakan awal kelahiran Computer Personal (PC).
Pada tahun 1971 Intel Corp mengembangkan microprocessor pertama serie INTEL 4004 yang membawa kemajuan besar dalam dunia IC, intel berhasil memasukan semua komponen dalam sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output) kedalam sebuah chip tunggal yang sangat kecil, jika sebelumnya IC digunakan untuk mengerjakan pekerjaan  tertentu saja maka pada masa ini mikroprosesor dapat diproduksi dan di program untuk menjalankan seluruh kebutuhan yang diinginkan.

Komputer generasi kelima
Komputer Generasi Kelima
Komputer generasi kelima adalah komputer yang kita gunakan sekarang ini dimana pada generasi ini ditandai dengan munculnya: LSI (Large Scale Integration) yang merupakan pemadatan ribuan microprocessor ke dalam sebuah microprocesor. Selain itu, juga ditandai dengan munculnya microprocessor dan semi conductor. Perusahaan-perusahaan yang membuat micro-processor di antaranya adalah: Intel Corporation, Motorola, Zilog dan lainnya lagi. Di pasaran bisa kita lihat adanya microprocessor dari Intel dengan model 4004, 8088, 80286, 80386, 80486, dan Pentium. Pentium-4 merupakan produksi terbaru dari Intel Corporation yang diharapkan dapat menutupi segala kelemahan yang ada pada produk sebelumnya. Di samping itu, kemampuan dan kecepatan yang dimiliki Pentium-4 juga bertambah menjadi 2 Ghz. Gambar-gambar yang ditampilkan menjadi lebih halus dan lebih tajam, di samping itu kecepatan memproses, mengirim ataupun menerima gambar juga menjadi semakin cepat.


Referensi ini saya dapat dari beberapa sumber:
Modul Ketrampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi untuk SMK


Tidak ada komentar:

Posting Komentar