Kamis, 21 Januari 2016

METODE PENGALAMATAN INTERNET

METODE PENGALAMATAN INTERNET

Apa yang dimaksud metode pengalamatan internet itu? Alamat internet sering disebut dengan URL, apa itu URL? URL kependekan dari Uniform Resource Locator yang merupakan suatu lokasi atau tujuan di internet (misalnya alamat situs, alamat e-mail) yang dapat diakses dan ditampilkan. URL mempunyai bentuk umum dari alamat internet atau yang sering kita dengar dengan Situs Internet, Domain Nama, dan URL (Uniform Resource Locator) ini.
Ada beberapa pola dasar pengalamatan Internet, yaitu untuk keperluan Web dan e-mail atau telepon Internet. Untuk keperluan Web, URL (Uniform Resource Locator) dan biasanya ditulis dalam susunan :
“protokol://domain/direktori/file"
  1. Protokol untuk menentukan tata cara komunikasi yang digunakan. Protokol yang sering digunakan adalah http, https, ftp.
  2. Domain merupakan nama server/komputer yang menyediakan layanan.
  3. Direktori merupakan folder tempat penyimpanan informasi.
  4. File merupakan yang disimpan (kadang tidak perlu dituliskan).


ATURAN PENULISAN ALAMAT DI INTERNET
Penulisan alamat internet harus diketik secara persis, sama, tepat, dan tidak kurang suatu apapun. Kesalahan pada penulisan alamat akan mengagalkan akses untuk alamat yang ditujukan tersebut. Untuk menuliskan alamat internet secara benar, Anda harus memahami beberapa aturan dasar yang dimiliki, yaitu:
1.      Penggunaan huruf besar atau kecil tidak dibedakan pada penulisan alamat internet dan nama atau alamat e-mail.
2.      Penggunaan huruf besar atau kecil dibedakan pada penulisan password (kata sandi)
3.      Penulisan alamat internet dan nama e-mail tidak boleh menggunakan tanda spasi (space), jadi harus digabungkan menjadi satu baris kata yang utuh.
4.      Penggunaan angka dan karakter tertentu pada alamat internet dan nama atau alamat e-mail diperbolehkan, seperti: www.liputan6.com; danarnugroho4@gmail.com; dan masih banyak contoh lainnya.
5.      Karakter khusus seperti tanda / (slash); @ (at) tidak boleh dipergunakan karena tanda tersebut telah dipergunakan dalam pengkodean sebagai bagian dari penunjuk lokasi pada sebuah alamat internet maupun nama atau alamat e-mail.
6.      Pemakaian nama atau alamat e-mail serta alamat internet harus berbeda, dengan indikasi atau kemungkinan bahwa nama atau alamat e-mail serta alamat internet yang diinginkan telah digunakan oleh pengguna lainnya. Sehingga, disarankan untuk menggunakan nama atau alamat e-mail serta alamat internet dengan alternatif lain.

Sumber :

http://azriazizah0.blogspot.com/2012/11/pengalamatan-internet.html?m=0

Tidak ada komentar:

Posting Komentar